Sejarah Pesantren

logo pondok pesantren jabal nur kandis

Muqoddimah

Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis, Siak, Riau, Indonesia dibawah payung Yayasan Jabal Nur Taqwallah Berdiri pada Tanggal 28 Oktober 2001. Didirikan Oleh Alm. KH. Muhammad Ali Muchsin S.K. seniman Kaligrafi Al- Qur’an Kontemporer Provinsi Riau, Mantan TKS BUTSI A.XIII Prov. Riau 1981-1984 Desa Belutu Kec. Mandau Kab. Bengkalis Prov. Riau, Indonesia.

Pondok Pesantren Jabal Nur menerima Santri perdana pada 1 Juni 2004 sebanyak 36 Santri. Hingga saat ini (18 Tahun) santri PonPes jabal Nur telah mencapai 900 orang.  Sebagai Lembaga Bina Jiwa Taqwallah, Pondok Pesantren Jabal Nur terus berbenah diri dalam upaya membangun  anak bangsa yang berjiwa Taqwallah sebagai calon pemimpin masa depan dengan terus meningkatkan Infrastruktur, sistem pendidikan, struktur pengurus, struktur keilmuan dan struktur kurikulum sesuai tujuan yang dituangkan dalam Visi dan Misi Pondok Pesantren Jabal nur.

Hingga saat ini Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis telah banyak memberikan prestasi bagi wilayah kabupaten siak bahkan Prov. Riau dengan segudang prestasi santri di berbagai even MTQ, MQK, Pramuka, Olahraga dan Seni Budaya dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi Riau dan tingkat Nasional. Dan Pada Tahun Pelajaran 2019-2020 M. Pondok Pesantren Jabal Nur akan menerima Santri baru sebagai calon Pemimpin masa depan yang berjiwa Taqwallah.

Visi

  • Menjadi Pondok Pesantren yang dinamis, inovatif, dan reformatif dalam bingkai jiwa taqwallah.
  • Menjadi pusat pemantapan aqidah dan pembekalan dasar syariat islamiah sebagai landasan normatif hidup dan kehidupan.
  • Menjadi salah satu sarana penggerak dan pembentuk masyarakat madani dalam konteks keindonesian dalam bingkai akhlakul karimah sebagai landasan moral untuk ethos perjuangan hidup dan kehidupan.

Misi

Mengantarkan seluruh komponen Pondok Pesantren Jabal Nur dan Masyarakat dalam pembentukan jiwa taqwallah dan aplikasinya melalui:

  • Pembekalan dan pemantapan dasar iman (aqidah tauhid), syari’at islam (fiqh) dan akhlakul karimah (tasawuf).
  • Mengobarkan dan menggerakan semangat amar ma’ruf nahi mungkar dan
  • Membentuk civitas Pondok Pesantren Jabal Nur yang dinamis, inovatis, idealis, revomatif, dan didikatif dengan loyalitas yang tinggi sebagai jiwa ahlussunnah wal jama’ah.
  • Membentuk santri yang berkualitas dan mandiri dalam bingkai taqwallah sebagai dinamisator, motivator, katalisator dalam pembangunan masyarakat madani.

FAQ

Merupakan Perpaduan Pesantren salafiyah dan Al-haditsah (modern) dalam sistem pendidikan yang di terapkan adalah sistem pendidikan (formal, non formal, dan kemasyarakatan).

Kurikulum yang di gunakan adalah perpaduan antara kurikulum kementrian agama dan pesantren. Jenjang pendidikan setara dan Tsanawiyah selama 3 tahun dan Aliyah 3 tahun.

MTs & MA menggunakan kurikulum terpadu (kurikulum kementrian Agama dan kurikulum pesantren)

Pendidikan Diniyah yang konsentrasi pada :

  • Ulumul Qur’an          60%
  • Khotil Qur’an             10%
  • Hifdzill Qur’an           10%
  • Kitab Kuning              20%